Rabu, 15 Agustus 2012

Macam-Macam Aplikasi Web Browser Yang Sering Digunakan Untuk Menjelajah Internet

1. Mozilla Firefox



Ini merupakan aplikasi yang banyak dikenal orang awam karena penggunaanya mungkin lebih mudah. Selain itu, keamanannya juga sudah mumpuni. Karena semua fasilitas keamanan online yang di butuhkan sudah lengkap tersedia di browser ini. Kelebihan firefox lainnya yaitu kecepatan aksesnya yang di atas rata-rata.



Mozilla Firefox, sekarang telah meluncurkan Firefox 3 aplikasi bowsing yang dianggap tercepat ini sekarang sudah bisa berbahasa indonesia, juga penampilanya berubah total dari Mozila Firefox 2 dan yang pasti bertambah cepat.



Tidak mungkin anda tidak tau dengan aplikasi browser yang satu ini, dari sekian banyak aplikasi browser dari Linux, inilah aplikasi yang paling terkenal hingga kini. Stabil dan didukung banyak plugin.

Dibuat oleh mozilla corporation, firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine. Tak hanya handal firefox juga didukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat diinstall terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan Add-ons tersebut.

2. Internet Explorer

Browser ini memiliki fasilitas Web Slices yang dapat mengetahui informasi terbaru dari situs yang sering disinggahi tanpa harus mengunjunginya.Aplikasi broser ini keamanannya juga tidak perlu di khawatirkan.Kecepatan aksesnya pun jelas lebih cepat dari versi sebelumnya.

Internet Explorer, atau yang biasa disingkat IE atau MSIE, adalah sebuah penjelajah web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft. Ia tersedia untuk banyak versi Microsoft Windows, namun Microsoft telah berhenti mengeluarkan versi mutakhir untuk semua platform kecuali Windows XP. Untuk beberapa waktu lamanya, Microsoft juga mengeluarkan Internet Explorer untuk Mac (yang berdasarkan mesin pengarsir yang berbeda) dan versi-versi untuk penggunaan melalui X Window System pada Solaris dan HP-UX, tetapi kini mereka sudah tidak dikembangkan.


Internet Explorer hingga kini masih merupakan penjelajah web yang paling banyak digunakan, meliputi 93.7% dari keseluruhan penggunaan penjelajah web, menurut sebuah perusahaan pengulas web WebSideStory. Explorer diikutkan sebagai penjelajah web bawaan (default) di semua versi Microsoft Windows sejak Windows 95 OSR-2.

Windows XP Service Pack 2 keluaran Microsoft beberapa lama ini menambah beberapa fitur keamanan penting kepada Internet Explorer, termasuk firewall Windows yang sudah dimutakhirkan dan pemblokir pop-up. Ini dilakukan untuk meredam kekhawatiran mengenai spyware yang telah menyerang Explorer dengan berat. Microsoft menganjurkan para pengguna untuk memutakhirkan Microsoft Windows (melalui Windows Update) secara berkala.

Sekarang Microsoft telah mengeluarkan Internet Explorer versi 8 dan setelah dicoba memang di Internet explorer 8 banyak berubah misalnya di Internet explorer 7 yang dulu tidak ada fasilitas Emulate sekarang di Internet explorer 8 beta 1 telah disadiakan fasilitas Emulate yaitu Emulate IE7 yang berguna untuk mensimulasi dengan Internet explorer 7, dan jika kita mangklik kanan di halaman, telah ada fasilitas antara lain Blog with Windows Live Space yang berguna untuk mempostingkan halaman ke Windows Live Space, Send With Windows Life Hotmail yang berguna untuk mengirimkan halaman via e-mail dengan akun Hotmail, Translate with Windows Live.

Tapi namanya juga versi beta, versi percobaan jadi pastinya masih banyak fitur yang kurang atau belum lengkap. Jadi kita tunggu aja versi 8 yang bukan beta. Jika anda ingin mencobanya anda bisa download, tapi perlu diingat jika Internet explorer 8 beta 1 ini diinstal di komputer yang mempunyai ram 256 MB mungkin akan terasa lambat jika sedang browsing.

Web browser besutan Microsoft Corporation biasanya dikenal dengan nama pendek IE, sejak 1995 IE mulai di masukan sebagai default sotware pada saat instalasi Sistem Operasi Windows, sejak tulisan ini dibuat IE belum lama ini meluncurkan versi IE8.

Pada versi ini dikenalkan salah satu fitur baru yaitu web slice, Web Slice merupakan pilihan akses langsung di Favorit Bar yang muncul setiap kali browser web dibuka. Webslice bisa terdiri dari preview keseluruhan dari sebuah website yang disajikan dengan ukuran kecil tanpa kita membuka tab baru mengunjungi website tersebut, content dari webslice sebuah website bergantung dari penyedia website menyajikan content yang masuk ke webslice.

3. Safari

Dibuat oleh Apple Inc, perusahaan yang juga memproduksi komputer Macintosh, iPod, dan juga iPhone. dibangun dengan browser engine WebKit, WebKit juga adalah browser engine pertama yang lulus test Acid3

4. Flock

Flock adalab web browser yang dibangun dengan code mozilla frefox yang web browser ini khususkan menyediakan social networking dan Web 2.0

Flock didesain untuk memudahkan aktivitas online pengguna internet mengatur beberapa social networking, web mail, news feeds dan blogs yang mereka miliki. Dengan Mengunakan Flock mereka dapat dengan mudah menjelajah, berbagi, dan menikmati content maupun menjalin hubungan di situs pertemanan yang mereka inginkan.

5. Opera

Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak seperti penjelajah web serta perangkat lunak untuk membaca serta mengirim surat elaktronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo,Norwegia.

Opera, aplikasi browser ringan yang mendukung interface launch page dan sejumlah fitur unggulan lainnya. sekarang telah meluncurkan Opera 9.5 dan sepertinya Opera tidak banyak berubah, hanya saja penampilanya yang berubah total dan mungkin sedikit bertambah cepat dalam browsing tapi kalau dalam download jelas Operalah no.1.

Opera dikembangkan oleh Opera Software company adalah salah satu Web Browser dan juga Internet Suite. Jika firefox punya Add-ons,  Opera punya “Opera Widgets”, sebuah aplikasi  web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu, layaknya Add-ons firefox.

6. K-Meleon

K-Meleon salah satu browser gratis dan open source di rilis dibawah  Lisensi GNU General Public dan berjalan diplatform Microsoft Windows (Win32) operating systems. Dibangun di atas Gecko layout engine, layout engine yang sama seperti digunakan Mozilla Firefox.

Browser ini selalu menjadi andalan disaat komputer sedang banyak menggunakan aplikasi, karena browser yang satu ini sangat hemat memory. Selain hemat memory browser ini juga tak kalah cepat dengan Firefox, dengan dukungan Netscape Bookmark, Opera Hotlist, dan IE Favorite browsing yang satu ini semakin mudah untuk digunakan. Dan hanya 2 hal yang sampai sekarang disesalkan, yaitu dalam hal tampilan dan dalam hal dukungan bahasa. Walaupun tema k-meleon bisa diganti, namun K-Meleon tak mendukung bahasa Indonesia seperti browser lainya. Tapi tak apalah yang penting hemat memory.

7. SeaMonkey

Seamonkey adalah sebuah suite lengkap yang terdiri atas web browser, email client, IRC chat client, Kali ini kita akan melakukan review terhadap sebuah program bernama SeaMonkey. Pernahakah anda mendengar SeaMonkey? Tentunya ini bukanlah sebuah nama dari games atau jenis dari binatang yang ada di hutan melainkan adalah sebuah aplikasi browser yang mempunyai kemampuan multifungsi.

SeaMonkey, atau dikenal juga dengan sebutan lengkap sebagai Mozilla SeaMonkey, adalah sebua web app yang merupakan penggabungan antara fungsi-fungsi web browser yang berfungsi untuk menjalajahi internet, email client untuk menerima dan mengirim email, news client untuk menerima berita dan HTML editor untuk menyunting halaman website yang menggunakan HTML (Hyper Text Mark-up Language). Nah maka dari itu kami katakan mengapa SeaMonkey ini merupakan sebuah aplikasi browser dengan kemampuan multifungsi.

Aplikasi web SeaMonkey pertama kali dirilis sekitar tahun 2006, dan sampai saat ini web app ini telah banyak melakukan pengembangan sampai dengan versi yang kita bahas saat ini adalah versi 2.3.

Untuk menambah wawasan anda, dahulunya, Aplikasi ini bukanlah SeaMonkey, melainkan dahulu apliaksi ini bernama Mozilla Aplication Suite, yang merupakan pengembangan dari browser lama – Netscape Navigator yang dibuat oleh Netscape Comunication Corporation. Aplikasi web ini adalah aplikasi multi fungsi yang bersifat open source jadi anda bisa menggunakannya tanpa mengeluarkan biaya apapun alias gratis. Selain itu SeaMonkety juga merupakan aplikasi lintas platform, jadi bisa digunakan di operasi system apa saja baik itu Windows, Mac, atau Linux.

Kesimpulannya, Sea Monkey ini bisa dibilang juga sebagai all in one internet application suite karena mempunyai kemampuan multi fungsi yang berisi web browser, mail client, news client, HTML Editor, Web Development tools, dan sebagai IRC Chat client yang ada dalah sebuah paket software.

SeaMonkey secara garis besar berbasis pada Firefox, hanya saja SeaMonkey terasa lebih stabil. SeaMonkey adalah sebuah proyek komunitas untuk menjadikan SeaMonkey all-in-one internet application suite, seperti software suite populer yang sudah dibuat sebelumnya oleh Netscape dan Mozilla, dan proyek SeaMonkey melanjutkan konsep tersebut. Terdiri dari Internet browser, email & newsgroup client, HTML editor, IRC chat and web development tools, SeaMonkey direkomendasikan bagi advanced users, web developers dan corporate users.

8. Camino

Camino, Mozilla Power Mac Style.

Camino adalah open source web browser dikembangkan berfokus pada memberikan experience terbaik kepada pengguna Mac OS X. Camino mengkombinasikan visual sederhana, elegan dan menyajikan pengalaman yang mengagumkan yang menjadi filosofi dari Macintosh dengan Gecko layout engine yang powerful.

Camino hanya dapat diinstall dalam Sistem Operasi Mac

9. Konqueror

Konqueror adalah web browser, file manager, dll. Konqueror menyediakan file viewer yang bisa mengexplore file-file di komputer anda maupun secara remote ke komputer lain. Protokol yang didukung Konqueror :

  1. FTP and SFTP/SSH browser
  2. SAMBA (Microsoft file-sharing) browser
  3. HTTP browser
  4. IMAP mail client
  5. ISO (cd image) viewer
  6. VNC viewer

Untuk menginstall Konqueror ini anda harus install KDE terlebih dahulu. KDE adalah Desktop Enviroment di keluarga unix, jika anda pengguna windows telebih dahulu install KDE.

10. Thunderbird



Thunderbird adalah aplikasi email client dari Mozilla. Menawarkan fitur-fitur seperti multiple account access, IMAP dan SMTP, password protection, address books, dan masih banyak lagi.



11. Evolution



Evolution merupakan aplikasi email client yang bisa ditemui di Linux, hampir terlihat sama persis seperti Microsoft’s Outlook.



12. Pidgin IM



Aplikasi messaging instant yang dapat men-support ICQ, Yahoo! IRC, Zephyr, Gadu, Groupwise, SIMPLE, SILC, Sametime, Napster, MSN, dan Jabber.

13. gFTP



gFTP adalah aplikasi file transfer protocol pada Linux yang menawarkan berbagai fasilitas upload dan download.



14. Dolphin Browser HD v4.0

Aplikasi Dolphin browser sebelumnya pernah mucul pada perangkat Nexus One, ini merupakan aplikasi browser yang pertama kali mendukung fitur multi-touch untuk zoom pada perangkat Android.

Kini aplikasi Dolphin browser telah muncul dengan versi 4 dan hadir dengan beberapa perbaikan bug yang ada serta terdapat dukungan 12 bahasa. Sebuah antarmuka yang disempurnakan dan dukungan bookmark folder, aplikasi ini juga hadir dengan beberapa tambahan lain.

Aplikasi ini kini hadir secara gratis dan bisa diunduh dihalaman Android Market.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar